Di zaman yang serba modern ini membuat industri tersebar dimana-mana, mesin canggih merajalela hingga akhirnya pencemaran Limbah Industri sangatlah akrab di telinga kita. Pencemaran merupakan terjadinya perubahan komponen atau tatanan air atau udara yang disebabkan oleh aktivitas manusia dan proses alam, sehingga kualitas udara atau air menjadi kurang atau tidak bisa berfungsi sesuai dengan pembentukannya.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran sangat beragam mulai dari zat, makhluk hidup atau komponen-komponen lainnya. sesuatu yang dapat menyebabkan pencemaran inilah yang disebut dengan limbah. Limbah mempunyai berbagai macam diantaranya limbah rumah tangga dan limbah pabrik. Hanya saja, artikel berikut akan menspesifikan pembahasannya terkait dengan limbah pabrik. Oleh karena itu simak terus artikel berikut ini.

Upaya Mengatasi Pencemaran Limbah Industri

Upayakan mengelola Limbah Sebaik Mungkin

Limbah yang dihasilkan melalui proses produksi pabrik adalah jenis limbah yang berbahaya, hal ini lantaran sebagian pabrik menggunakan bahan kimia untuk operasional produksi di pabrik mereka. Oleh karena itu, sangat diharuskan untuk mengupayakan limbah-limbah yang dihasilkan menjadi ramah lingkungan serta tidak terdapat zat berbahaya, dan apabila limbah yang dihasilkan sudah tidak berbahaya maka dapat dibuang langsung ke lingkungan dan tidak akan menyebabkan terjadinya pencemaran.

Jangan Membuang Limbah Cair Secara Langsung ke Sumber Air

Cara bijak yang semestinya diterapkan oleh semua orang adalah dengan tidak membuang Limbah Industri, khususnya limbah cair secara langsung kedalam sumber air. Terlebih lagi jika Anda membuangnya tanpa dilakukan penyaringan serta pengolahan terlebih dahulu tentu sangatlah berbahaya.

Hal ini dikarenakan limbah cair yang berasal langsung dari pabrik tanpa diolah terlebih dahulu maka dapat menyebabkan lingkungan tercemar. Hal ini terjadi karena belum dilakukannya pemisahan antara zat yang memiliki komponen berbahaya atau tidak. Apabila limbah cair yang belum diolah dan langsung dibuang kesungai atau laut maka bisa menyebabkan ekosistem sungai dan ekosistem laut rusak dan tercemar. Selain itu, juga akan berdampak buruk terhadap berbagai mahluk hidup yang bermukim di sumber air tersebut.

Kuburlah Limbah yang Bersifat Organik

Selain limbah cair, biasanya pabrik juga terdapat limbah padat. Dimana limbah padat ini perlu dilakukan tindakan yang berbeda antara limbah yang bersifat organik dan non organik. Limbah yang sifatnya organik sebaiknya dikubur saja mengingat limbah organik sifatnya bisa terurai dengan baik jika dikubur dalam tanah. Ketika Anda telah mengubur limbah organik maka nantinya tanah juga akan lebih subur dan dapat digunakan untuk kepentingan yang lebih bermanfaat.

Gunakan Kembali Limbah Pabrik yang Dapat Didaur Ulang

Selain memanfaatkan limbah yang bersifat organik, ternyata limbah anorganik memiliki penanganan tersendiri. Sifatnya yang sulit untuk diurai dapat dipilah-pilah dan didaur ulang untuk dijadikan sesuatu yang berbeda. Limbah Industri yang bersifat anorganik dapat didaur ulang oleh karena itu sebaiknya manfaatkan untuk didaur ulang saja. Selain menangani permasalahan limbah padat pabrik juga bisa menghemat bahan baku yang digunakan.

Tanamlah Berbagai Pepohonan Disekitar Pabrik

Cara paling mudah dan bijak dalam mengatasi pencemaran limbah pabrik adalah dengan menaman banyak pepohon yang berada disekita pabrik. Limbah pabrik yang bersifat gas umumnya akan dibuang melalui teropong asap lalu akan mencemari udara. Udara yang telah tercemar tersebut dapat mengakibatkan penipisan pada lapisan ozon. Oleh karena itu, dengan penanaman pohon disekitar pabrik dapat menetralisis udara yang sudah tercemar sehingga tidak begitu berbahaya.

Itulah beberapa upaya yang dapat kita lakukan dalam mengatasi pencemaran Limbah Industri. Pastikan kita mempunyai peran positif dalam menyelamatkan lingkungan disekitar kita. Jika permasalahan limbah pabrik belum teratasi dengan tuntas maka Anda dapat menghubungi kami Jasa sedot wc Jakarta .

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com